Laman

Sabtu, 15 Februari 2014

Hati - hati Malware Dari Video Lookback Facebook




Facebook merayakan ulangtahunnya yang ke-10, dengan membuat video singkat bagi para penggunanya, beberapa pengguna facebook sangat senang dengan video ini, termasuk juga saya, saking senangnya sampai dishare dimana-mana agar dapat diperlihatkan ke temn-teman yang lain.


Namun anda harus waspada, karena scammer ternyata mencoba memanfaatkan popularitas video lookback ini untuk menyebarkan software berbahaya, yaitu malware


Para penjahat dunia maya, menyebarkan malware dengan sebuah link yang mengarahkan pengunjung Facebook ke situs palsu Facebook Lookback, situsnya dibuat sangat mirip karena penjahat dunia maya sudah berhasil mencuri template Facebook, 

Ciri-ciri situs palsu tersebut adalah pengunjung akan diminta untuk menginstal suatu aplikasi yang sangat berbahaya, pengunjung tidak akan mendapatkan video, jika situs lookback asli pengunjung akan langsung disuguhkan video yang hanya tinggal diputar.


Karena itulah anda harus lebih berhati-hati jika ingin melihat video LookBack di Facebook, perhatikan URL link LookBack, URL aslinya adalah https://www.facebook.com/lookback. Jika lain dari pada itu berarti bukanlah URL video LookBack Facebook.

Jika anda sudah terlanjur berkunjung ke situs LookBack palsu, pastikan anda scan komputer/laptop anda dengan antivirus, untuk memastikan komputer/laptop anda aman dari virus.
Sudah umum, Facebook sudah sering dijadikan sasaran serangan hacker untuk menyebarkan malware dengan cara mengelabui pengunjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik, mohon jangan berkomentar yang mengandung unsur SARA.