Laman

Minggu, 26 Januari 2014

Cara Mencegah Mata Lelah, Saat Menggunakan Komputer



Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari seringkali kita dituntut untuk menggunakan komputer sebagai sarana dalam bekerja, belajar, atau sekedar bermain. Studi menunjukan bahwa ketegangan dan gangguan mata terjadi sekitar 50 hingga 90 persen oleh pengguna komputer. Hal ini dapat menyebabkan kelelahan fisik, produktivitas berkurang, serta meningkatnya kesalahan dalam bekerja (work error). Berikut adalah 5 langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi kelelahan mata di depan komputer:  


1. Penerangan yang Cukup

Gunakan penerangan di dalam ruangan secara tepat dimana penerangan tersebut tidak terlalu gelap dan tidak terlalu terang. Hindari cahaya berlebih yang masuk dari luar ruangan dengan cara menutup tirai. Jika memungkinkan, atur posisi monitor Anda sejajar dengan jendela, jangan menghadap atau membelakanginya. Banyak pengguna komputer yang merasa lebih nyaman saat bekerja pada penerangan yang pas.   

2. Sesuaikan Tingkat Kenyamanan

Monitor Atur tampilan brightness dan contrast pada monitor Anda sehingga nyaman di mata. Ukuran brightness jangan terlalu terang dan terlalu gelap lalu pastikan contrast monitor Anda pada level yang maksimal. Sesuaikan pula ukuran huruf dengan warna background yang tidak akan membuat Anda memicingkan mata saat membacanya. Jika perlu, ganti layar monitor Anda dengan layar LCD (flat) yang lebih nyaman di mata dan memiliki permukaan anti-reflektif. Ini berbeda dengan layar CRT (cembung) yang biasanya “berkedip” sehingga menyebabkan kelelahan mata.   

3. Berkedip Lebih Sering

Langkah ini berguna untuk mencegah mata kering dan iritasi. Saat bekerja di depan komputer, Anda akan lebih jarang berkedip dari biasanya. Selain itu, air mata akan menguap lebih cepat terutama pada ruangan ber-AC dan tertutup. Anda juga dapat menggunakan tetes mata khusus sebagai pengganti air mata atau istirahatkan mata setiap 20 menit dengan cara berkedip cepat selama 10 kali kemudian tutup mata Anda selama 2 menit untuk mengembalikan kelembabannya.   

4. Beristirahat untuk Melemaskan Otot

Sempatkan untuk melakukan stretching paling tidak selama 5 menit saat kelelahan mulai terasa agar otot-otot yang tegang di bagian leher, punggung dan bahu dapat relaks kembali. Berdirilah lalu regangkan lengan, kaki, leher, punggung, serta bahu atau lakukan pemijatan sementara pada bagian tubuh yang terasa sakit.  

5. Refreshing untuk Mata

Mata juga perlu refreshing, mata akan cepat lelah jika setiap hari di depan computer, bagi anda yang tidak suka memakai kacamata atau tidak mau memakai kacamata, sebelum terlambat, lakukan refreshing untuk mata anda dengan cara melihatlah ke objek yang paling jauh. Di depan komputer jarak pandang mata akan sangat sedikit, maka akan memperbesar resiko memakai kacamata, tapi dengan melihat ke objek yang jauh, jarak pandang mata akan kembali jauh, dan mata anda akan lebih segar, dan siap untuk bekerja lagi.


Posting terkait : Menjaga kesehatan mata, mencegah mata lelah, mata sakit menggunakan komputer, tips merawat mata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik, mohon jangan berkomentar yang mengandung unsur SARA.