Laman

Rabu, 22 Januari 2014

Tips mempercepat performa Android




Ponsel dan tablet Android memang canggih, mempunyai ponsel ini memang sangat menyenangkan, karena apapun dilakukan dengan mudah, seperti browsing dengan cepat dan mudah, menginstal aplikasipun sangat mudah, gratis pula.

Kecepatan ponsel Android sangat bergantung pada prosesor dan memory internalnya atau bisa disebut dengan RAM, namun jika sudah terlalu lama, para pengguna biasanya merasakan ponsel Androidnya sudah semakin lambat. 

Tips dibawah ini dapat menjadi alternatif jika Android anda sudah terasa lambat :
1. Bersihkan Cache

Walaupun keliatas sepele, cache juga mempengaruhi performa Android, ada beberapa aplikasi yang mempunyai cache yang besar ada juga yang kecil, maka dari itu rajin lah membersihkan cahce minimal sebulan sekali agar performa Android anda tetap terjaga.

2. Nonaktifkan widget

Nonaktifkan widget yang tidak berguna, karena widget yang banyak dapat memakan memory, jadi hilangkan saja widget yang tidak berguna.

3. Mematikan anima dan wallpaper animasi

Salah satu yang membuat Android menarik adalah animasinya, animasi memang bagus tapi itu menggunakan memory yang lumayan, jadi anda harus rela mematikan animasi agar performa Android anda tetap terjaga.

4. Mematikan GPS dan Bluetooth

Sangat dianjurkan untuk menggunakan kedua perangkat tersebut disaat tertentu saja, karena GPS dan Bluetooth memakan baterai dan memori yang lumayan.

5. Menonaktifkan aplikasi yang tidak perlu

Biasanya aplikasi yang sudah di close masih berjalan di background, jadi close aplikasi yang sudah tidak digunakan sampai benar-benar tidak ada di background.

6. Root, Overclock CPU

Cara yang paling ampuh untuk mempercepat performa Android anda, jika ponsel anda sudah di root, maka RAM akan berubah menjadi lebih besar, dan Overclock CPU dapat mengatur kecepatan Prosesor sesuka hati, namun cara ini memerlukan aplikasi tertentu.

7. Instal ulang ponsel Android 

Selain root, instal ulang juga cara yang ampuh dan aman, karena jika sudah diinstal ulang ponsel akan seperti baru dan akan menjadi super ringan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik, mohon jangan berkomentar yang mengandung unsur SARA.